Bagaimana Program Adopsi Percepatan Terbit (Terbit Rapid Adoption Program / TRAP)

Bagaimana Program Adopsi Cepat Terbit dapat mencapai objektif suatu perusahaan dengan menggunakan TBXONE. Transisi manapun dari lingkungan proses manual menjadi manajemen perubahan yang otomatis akan selalu beriringan. Hal tersebut merupakan salah satu tantangan ketika mensejajarkan program financial supply chain collaboration yang merubah peluang menjasi keutungan. Perusahaan seharusnya menyadari bahwa proses perubahan yang berhasil tidak hanya membutuhkan “penjualan” kepada Organisasi yang sudah dimplementasikan tetapi juga kepada partner dagang per individu. Studi kasus ini menyoroti poin kunci tentang perubahan manajemen mitra dagang atau proses pemberdayaan dengan menggunakan platform TBXONE dan aplikasinya dan servis layanan baik gratis ataupun PREMIUM.

Studi kasus

Selama 15 tahun terakhir kami telah melatih dan mengaktifkan ribuan pengguna untuk solusi financial supply chain collaboration kami, di mana Program Adopsi Cepat Terbit kami (TRAP) telah dikembangkan dan kini dipersembahkan sebagai metodologi praktek terbaik adopsi pengguna. Program ini dikembangkan untuk mencapai manfaat perbaikan-modal-kerja dari setiap user onboardig TBXONE atau program pemberdayaan user dan merupakan kunci untuk pelaksanaan yang efektif.

Manajemen perubahan kolaboratif adalah satu dari sekian banyak proses manajemen perubahan melalui jaringan hubungan perusahaan yang terpercaya

Prinsip-prinsip panduan tentang on boarding yang efektif adalah :

  1. Pendaftaran; Efisiensi bisnis dimulai saat pendaftaran. TBXONE menggunakan pendekatan onboarding selama 5 menit: perusahaan dapat mendaftar dan mempersiapkan bisnis mereka dengan mengundang koneksi bisnis untuk bekerja sama dan bertransaksi secara online – dalam waktu kurang dari 5 menit.
  2. Akreditasi; perusahaan dapat melakukan proses akreditasi untuk memvalidasi identitasnya. TBXONE dapat memverifikasi perusahaan yang terdaftar data dengan ruang Indonesian data perdagangan (KADIN). Lihat layanan akreditas PREMIUM pada TBXONE.
  3. Pelatihan; TBXONEdirancang dengan Pelatihan Do-It-Yourself Online: lakukan pendaftaran dan buatlah pada TBXONE mitracustomer tiruan contoh: pelanggan dan supplier, untuk membiasakan anda dengan fungsionalitas proses bisnis dan fiturnya.
  4. Konsultasi pelatihan: Konsultasi Pelatihan; untuk membantu Anda memaksimalkan investasi waktu Anda, layanan TBXONE PREMIUM menawarkan pelatihan lengkap dan layanan konsultasi. Mendukung Anda untuk merancang struktur bisnis Anda dalam TBXONE, baik di dalam satu perusahaan atau kepala kantor dengan jumlah cabang. Kami merancang program konsultasi pelatihan yang akan sesuai dengan kebutuhan Anda. Entah itu adalah pengguna atau ruang kelas pelatihan satu-per-satu. Selain pelatihan di TBXONE kami menawarkan program masterclass di FSCM.
  5. Pelatihan para Trainer. tujuan dari program melatih para Trainer memberikan Anda dengan pengetahuan & keterampilan untuk menjadi pelatih yang ahli hanya dalam 4 hari. Setelah menyelesaikan program di atas, Anda akan dilengkapi dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memberikan keahlian mereka untuk TBXONE pengguna dalam perusahaan. Program ini dirancang untuk perusahaan besar.
  6. FAQ dan video tutorial: Untuk membuat kemampuan fungsi TBXONE Anda bertambah dengan cepat kami menyediakan Anda dengan pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) dan video tutorial.
  7. Support: untuk menyelesaikan salah satu permintaan anda paket dukungan PREMIUM berbeda disediakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Entah Anda ingin mendapatkan balasan cepat dalam waktu satu jam, atau balasan kurang mendesak dalam waktu lima jam, atau menggunakan dukungan GRATIS tapi mendapatkan balasan dalam waktu 3 hari kerja. Semua paket dukungan dilengkapi dengan 24/7 respon email, hanya paket satu jam balasan yang disediakan dengan dukungan chat online.
  8. Sosial Media untuk menambah kandukungan kami dan mendapatkan balasan seperti pada Linkedin,Facebook,Twitter, dan Google +
  9. Webinars, Digunakan untuk peluncuran berita,pelatihan dan onboarding.

Pelatihan terbaik implementasi perubahan manajemen.

Gambaran pelaksanaan;

Klien : Lottemart Indonesia bagian dari grup Lotte Korea.

Website : www.lottemart.co.id

Sektor Industry : Retail

Tantangan : Adaptasi/Pemberdayaan untuk membiasakan dengan TBX SRC((terbit business xchange – supplier retail collaboration)

Solusi : Melalui Metodologi Program Terbit Adoption (TRAP) perusahaan akan dilatih untuk mengoptimalkan keuntungan mereka dengan menggunakan TBXONE

Hasil : Mencapai efisiensi keuntungan, menaikkan penjualan dan mempercepat pengumpulan uang tunai.

Ketika Lottemart menunjuk Terbit untuk mengimplementasikan TBX SRC, secara parallel ribuan supplier membutuhkan pelatihan untuk menggunakan aplikasi tersebut. Tujuannya adalah:

  1. Menjelaskan keuntungan supplier dan key-user Lottemart.
  2. Melatihkan applikasi tersebut ke supplier dan key-user Lottemart
  3. Pelatihan-Melatih para Trainer (TtTT) ke Lottemart

Dengan persetujuan Lottemart, Supplier dinformasikan tentang perubahan proses bisnis dari manual ke online. Melakukan seleksi supplier penting untuk kesuksesan dan dimulai dari supplier besar lalu sisanya adalah yang telah diseleksi;tingkat menengah, medium, kecil dan supplier micro dari semua kategori.(Dari barang kering hingga barang segar)

Supplier telah diinformasikan oleh kategori Buyer dan diharapkan untuk bergabung ke pelatihan seperti yang sudah dijadwalkan untuk mereka. Dan karena pelaksanaan TBX SRC mempunyai pengaruh pada proses supplier order to cash(OTC) Lottemart meminta agar semua fungsi harus bergabung dalam pelatihan finance, manajer key account,l ogistik (pergudangan) dan sales representative.

Penjelasan keuntungan bagi supplier:

Para supplier telah diinformasikan keuntungan dalam transformasi dari kertas menjadi proses online. Keuntungan utamanya adalah :

  1. Kecepatan,semua proses akan dilakukan kurang dari 1 hari kerja
  2. Pemenuhan pesanan yang sempurna; tepat waktu dan berkurangnya kesalahan karena sinkronisasi pada litigasi
  3. Proses online litigasi untuk mempercepat perbedaan pada harga dan jumlah kurang dari 2 hari
  4. Dapat dilihat melalui order,pengiriman dan validasi supply chain dan proses finansial.
  5. Pembayaran yang lebih cepat pada pengerjaan faktur.
  6. Menaikkan penjualan,seiring dengan pendapatan
  7. Efisiensi proses bisnis.
  8. Perbaikan keseluruhan modal perusahaan

Pelatihan Aplikasi pada Supplier :

Supplier dan rekan-rekan mereka Lottemart, menerima, kategori pembeli (s) dilatih dalam proses lengkap dari; order, pengiriman barang, faktur, tanda terima faktur, pengembalian, catatan kredit dan penyelesaian sengketa dalam kuantitas dan harga.

Pelatihan ini adalah pendekatan kelas dimana supplier dan rekan-rekan Lottemart melakukan pelatihan satu per satu pada proses bisnis yang lengkap. Sebelum pelatihan ini demo satu-ke-satu pada sistem diberikan kepada semua peserta. Pelatih berada di sana untuk mendukung mereka butuhkan dalam aplikasi. Pada akhir peserta hari diminta untuk mengevaluasi pelatihan dan membahas pengalaman proses baru untuk pelatih. Semua peserta diberikan pilihan untuk hadir pada semua sesi pelatihan sekali lagi agar sepenuhnya mengerti proses bisnis baru ini.

Dengan E-mail,website yang terpisah dan dengan menggunakan alat social media partisipan telah diinformasikan pada proses implementasi. Seorang pemegang kunci bertanggung jawab untuk mendukung dan mengatur pertanyaan yang sering diajukan(FAQ).

Pelatihan para Trainer (TtTT)

Selama pelatihan seorang trainer ditugaskan untuk menjadi trainer Lottemart. Setelah 2 minggu bergabung dalam pelatihan trainer yang baru harus melatih dan memandu para peserta dibantu oleh tariner utama. Setelah pelatihan selama 4 minggu pemimpin trainer menyerahkan pelatihan kepada tarinerinternal Lottemart. Selama 5 tahun terakhir Terbit telah melatih lebih dari 30 ribu peserta sebagai bagian dari program manajemen perubahan Terbit Cepat Program Adopsi atau TRAP yang dikembangkan bertahun-tahun.

TBX FSCM peralihan perubahan dari finansial traditional menjadi manajemen finansial supply chain(FSCM).

Klien : Bank BNI

Sektor Industry : Perbankan

Tantangan : proses peralihan perdagangan menjadi FSCM melalui semua departemen.

Solusi : Melalui metode program Rapid Adoption Terbit atau TRAP banyak bank akan dilatih untuk mengoptimalkan keuntungan mereka melalui implementasi TBX FSCM.

Hasil : Mencapai efisiensi keuntungan ,menaikkan penjualan dan menjadi tangkas dalam cara yang baru di dunia pembiayaan perdagangan.