Bagaimana Masterclass FSCM menguntungkan lembaga Finansial?

Dengan pengalaman selama lebih dari 20 tahun yang menumbuhkan keahlian dan pengetahuan mendalam pada kolaborasi finansial-supply chain, Terbit mengembangkan FSCM Master Class. Hal ini diperlukan untuk Program Adopsi Cepat Terbit (TRAP) dalam melayani implementasi pada klien saat ini dan masa depan. FSCM Master Class adalah kursus selama 2 hari yang khusus dirancang untuk lembaga finansial.

Evolusi Trade Finance dari area produk ‘tradisional’ menuju Pengaturan Keuangan Supply Chain yang berkembang cepat dan semakin penting memberikan penawaran untuk peluang besar bagi lembaga keuangan. Program kursus 2 hari ini dirancang untuk para profesional sektor keuangan yang perlu memahami proposisi nilai Financial Supply Chain Management (FSCM), sehingga dapat menerapkan pasar dan layanan FSCM dengan pelanggan.

Evolusi dari Trade Finance tradisional menjadi FSCM dapat dipahami dengan lebih baik melalui penjelasan hubungan antara Trade Finance secara traditional dan tiga ‘pilar’ dari FSCM: keuangan, manajemen supply chain, dan teknologi. Dampak FSCM dalam hal penciptaan nilai strategis (untuk pelanggan dan finansial) dan keuntungan bagi pemegang saham diperjelas dalam teori, simulasi, dan praktek yang baik.

Para peserta akan mempelajari FSCM dengan berpartisipasi dalam sebuah simulasi permainan bisnis secara online berkualitas tinggi : ‘The Cool Connection’. Game ini mendukung rangsangan pengalaman untuk bekerja dalam sebuah tim. Praktek yang lebih baik di Indonesia akan meng-validasi layanan FSCM yang didukung teknologi dan faktor kunci demi keberhasilan implementasi.

Sekilas pengimplementasian :

Klien : Bank Mandiri, BNI, BCA

Website : www.bni.co.id, www.bankmandiri.co.id, www.bca.co.id

Sektor Industry : Perbankan

Tantangan : Memahami nilai preposisi nilai dan”seni dalam menjual” dari FSCM

Solusi : Bank akan memilih karyawannya untuk menghadiri prakter FSCM Materclass

Hasil : Setelah menghadiri pelatihan FSCM Masterclass, semua banker akan mempunyai kepercayaan diri yang lebih pada saat menjual produk FSCM kepada klien mereka dan semakin mengenal departemen yang lainnya.

Durasi Pelatihan : 2 hari berturut.

Studi kasus

Pelatihan pada FSCM Masterclass terdapat didalamnya pengenalan secara eksklusif yang diberikan hanya kepada top manajemen bank, level direktur hingga wakil presiden. Pelaksanaan selama 4 jam pada pengenalan FSCM Masterclass terdiri dari :

  • Penjelasan bagaimana FSCM berkontribusi kepada strategi objectif dalam suatu organisasi.
  • Dengan melalui ringkasan konten FSCM Masterclass, kami menjelaskan bagaimana Relationship Manager sudah dilatih untuk mengenali dan mengidentifikasi kesempatan FSCM, meyakinkan para pemegang saham, mengunci performa dan konsekuensi mitigasi dan memberikan nasihat pada pelaksanaannya.
  • Mengalami nilai solusi FSCM dalam simulasi bisnis, di mana peserta akan mengalami penyeimbangan kendala dan mengelola saling ketergantungan dari supply chain fisik dan keuangan dalam lingkungan bisnis simulasi.
  • Jika simulasi perusahaan tampil dengan buruk: kami membawakan langkah langkah permasalahan yang sesungguhnya dari penjualan (yang tidak tepat/meleset), rusaknya supply chain dan supplier dan keuangan suppy chain yang tidak dapat diandalkan. Para peserta mendiskusikan dan memutuskan solusi FSCM-nya. Dampak dari keputusan mereka pada kinerja strategis perusahaan yang akan ditampilkan.

Dalam 4 jam, para peserta mendapatkan wawasan yang mendalam apa yang staf mereka akan terima dalam 2 hari seminar pada pelatihan FSCM Masterclass.

Panduan untuk rancangan 2 hari FSCM Masterclass

Tujuan dari program ini dapat dicapai dalam program 2-hari yang mengandung spesifikasi, modul pelatihan yang saling terkait yang memberikan kontribusi pada keseluruhan objektif. Untuk memastikan pelatihan yang efektif, kita mengadaptasi “belajar berdasarkan pengalaman” ‘yang didukung oleh teknologi baru. Lebih dari 60% dari waktu pelatihan dihabiskan untuk simulasi yang sangat maju, membuat kesepakatan, contoh dari pengalaman nyata, dan sesi break out di mana peserta merefleksikan isi pelatihan. Dari pengalaman, kita tahu pendekatan pelatihan ini menciptakan lingkungan belajar yang terbuka dan hidup dengan dampak yang tinggi pada kompetensi peserta pelatihan, terutama dalam bekerja sebagai tim dan dalam memberikan jasa konsultasi.

Hari 1 : Tujuan utama dari hari pertama adalah untuk membuka pikiran peserta dengan Nilai Kas di luar perjanjian keuangan tradisional, dan membiarkan mereka mengalami dinamika Keuangan Supply Chain Management dalam lingkungan simulasi bisnis. Peserta biasanya sangat antusias tentang berperan dalam lingkungan bisnis simulasi dan memperoleh tingkat pemahaman yang tinggi tentang pengelolaan kendala keuangan dan fisik dalam supply chain.

Hari 2 : Tujuan utamanya adalah untuk menambah tingkat kepercayaan diri perwakilan bank dalam menjual proposisi nilai FSCM dalam pelaksanaan sehari-hari. Pada akhir hari 2, kami menjadwalkan percakapan dengan lead trainers – pengalaman manajer supply chain keuangan – sehingga peserta dapat melaksanakan apa yang mereka pelajari dengan membagi menjadi langkah-langkah :

  1. Kesadaran pengambilan keputusan di tingkat perusahaan dan bagaimana FSCM sesuai dengan tujuan strategis
  2. Percaya diri dalam menjual produk FSCM dan platform FSCM perusahaan
  3. Membantu CFO untuk membenarkan pelaksanaan: penjualan internal
  4. Penjualan FSCM dalam peran baru bankir
  5. Pelaksanaan FSCM
  6. Seminar Break-out “Mempresentasikan ke CFO,” dan mendapatkan kesepakatan bisnis

Salah satu hasil dari FSCM Master Class untuk profesional-profesional bank adalah ‘menjual dengan percaya diri’, di mana perwakilan bank cukup percaya diri untuk bergerak lebih dekat ke klien, terutama untuk klien perusahaan. Dengan “bergerak lebih dekat,” perwakilan Bank dapat mengidentifikasi peluang FSCM dan memahami dampak dari layanan FSCM pada kinerja strategis operasi bisnis klien mereka. Sebagai manfaat dari bisnis FSCM erat berhubungan dengan manajemen operasional, penjualan FSCM juga membutuhkan pengetahuan tentang proses bisnis dan produk FSCM bahwa bank-bank menawarkan klien mereka. Penjualan seiring menjadi lebih seperti konsultansi.